Breaking News

Enrekang Kawasan Technopark Indonesia


Formaspul - Saat ini Enrekang menjadi pusat kawasan technopark di Indonesia. Hanya tujuh daerah yang ditunjuk pemerintah pusat. Pemkab Enrekang sengaja menyiapkan lahan 300 hektare untuk kawasan technopark tersebut. Selain untuk pengembangan pertanian dan peternakan, juga untuk kegiatan penelitian.


Kepala Pusat Inovasi LIPI, Nurul Taufiqu Rochman, mengatakan pembangunan ketujuh Techno Park tersebut ditujukan agar masyarakat dapat merasakan langsung teknologi yang diciptakan oleh LIPI.
“Techno Park tersebut nantinya akan menjadi pusat diseminasi teknologi kepada masyarakat di daerahnya masing-masing. Kami berharap dengan adanya Techno Park tersebut, daerah akan bertumbuh ekonominya dengan berbasis pada inovasi teknologi,” ujar Nurul  yang dirilis Kompas di gedung Pusat Inovasi LIPI, Cibinong.



“Kepada seluruh jajaran terkait untuk langsung mensinkronkan kebijakan di instansi masing-masing untuk mendukung keberlanjutan Maluku Tenggara Agro Marine Techno Park. Sebagai informasi, LIPI mendapat amanat untuk membangun satu Science Technopark di Cibinong Sceince Center, Cibinong, Jawa Barat dan serta tujuh Technopark di daerah, diantaranya Maninjau, Sumatera Barat; Banyumulek, Nusa Tenggara Barat; serta Enrekang di Sulawesi Selatan. Setiap technopark yang dibangun LIPI mempunyai ciri khas dan spesialisasi tergantung kondisi geografis dan daya dukung daerah setempat,” ungkap Kepala LIPI, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain.(team Formaspul)